Resep Membuat Ayam Suwir Teriyaki. Enak, Gurih dan Multiguna!...

Resep Membuat Ayam Suwir Teriyaki. Enak, Gurih dan Multiguna!...

Ayam Suwir Teriyaki
AYAM SUWIR TERIYAKI – Walaupun resep Ayam Suwir Teriyaki ini terlihat simpel tetapi memiliki rasa yang enak serta multiguna. Saya pribadi sangat suka sekali membuat ayam suwir ini sebab selain mudah membuatnya, masakan ayam suwir bisa kita manfaatkan sebagai bahan tambahan untuk berbagai macam menu.

Seperti anak-anakku tercinta, kalo aku memsak ayam suwir tidak cuma di jadikan sebagai lauk pauk nasi putih panas tetapi suka di bikin cemilan juga oleh mereka. Dan Biasanya jikalau aku membuat ayam suwir, aku seka membuatnya dalam jumlah banyak. Bukan karena semua anggota keluargaku menyukai ayam suwir ini tetapi aku biasa mengolah lagi ayam suwir ini, lalu aku gunakan untuk bahan pelengkap ketika aku membuat nasi goreng,nasi uduk Nasi kuning, nasi bakar dan mie goreng.

Resep Membuat Ayam Suwir Teriyaki

Bahan - Bahan Ayam Suwir Teriyaki
  1. Fillet ayam sebanyak 500 gram
  2. Garam sebanyak 2 sendok teh
  3. Air secukupnya untuk merebus
  4. Bawang bombay, di iris memanjang sebanyak 1 butir
  5. Bawang putih, dimemarkan lalu cincang halus sebanyak 3 siung
  6. Kecap manis sebanyak 3 sendok makan
  7. Saus teriyaki sebanyak 6 sendok makan
  8. Saus tiram sebanyak 1 sendok makan
  9. Garam sebanyak 1 sendok teh
  10. Merica bubuk sebanyak ½ sendok teh
  11. Daun bawang, iris-iris sebanyak 1 batang
  12. Minyak untuk menumis sebanyak 2 sendok makan
  13. Wijen sangrai secukupnya

Cara Membuat Ayam Suwir Teriyaki
  • Pertama didihkan air secukupnya lalu masukkan 2 sendok teh garam dan rebus 500 gram fillet ayam sampai matang. Angkat lalu dinginkan dan setelah dingin langsung suwir-suwir daging. Sisihkan.
  • Kedua panaskan 2 sendok makan minyak goreng lalu tumis 1 butir bawang bombay dan 3 siung bawang putih yang sudah di iris sampai tercium harum dan terlihat layu, kemudian masukkan 6 sendok makan saus teriyaki, 3 sendok makan kecap manis dan 1 sendok makan saus tiram dan aduk-aduk hingga rata.
  • Setelah itu bumbui dengan 1 sendok teh garam dan ½ sendok teh merica bubuk, kemudian masukkan semua ayam suwir dan aduk-aduk sampai sausnya tercampur rata, dan bisa bunda tambahkan sedikit air bersih lalu cicipi untuk test rasanya sesuai selera masing-masing.
  • Angkat dan tuangkan ke atas piring siap saji dan taburi dengan 1 batang irisan daun bawang dan wijen sangrai secukupnya.
  • Ayam Suwir Teriyaki gurih, enak, lezat kini siap untuk di sajikan bersama nasi putih panas eummm yummy

Dan pada di keesokannya, sisa dari ayam suwir yang aku buat kemaren aku gunakan untuk sebagai bahan tambahkan ketika aku membuat nasi goreng untuk sarapan di pagi hari, eumm sedap dan tidak ribet pokoknya. Kalo bunda di rumah tidak percaya, wajib untuk mencobanya.

Resep & Foto by : http://catatan-nina.blogspot.co.id/

BACA JUGA YANG INI:

Resep Membuat Ayam Suwir Teriyaki. Enak, Gurih dan Multiguna!...

Baca Juga Ini